Thursday, September 10, 2015

apa itu html ?

apa itu HTML ?

Disini saya akan membahas sedikit tentang HTML yang pernah saya buat di sekolah selama kelas x SMK. Awalnya saya tertarik pada HTML karena bisa membuat halaman - halaman yang bisa kita inginkan. selama proses belajar mengajar di kelas saya dan teman teman selalu berlomba - lomba untuk menyelesaikan, menulis source-nya yang telah di tulis sama guru saya.

HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standart Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunanya oleh Word Wide Web. HTML dibuat oleh kolaborasi caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
Contoh HTML sederhana :
1. Membuat per-huruf dengan warna yang berbeda
<html>
<body>
<font color="#ff0000">M<font color="#ffc0cb">U<font color="#2e8857">L<font color="magenta">T<font color="aqua">I<font color="#ff0000">M<font color="coral">E
</body>
</hmtl>
akan muncul dibawah ini :


2. membuat font berbeda - beda
<html>
<title>Web dengan saya</title>
<style type="text/css">
h1{color:red;
font-family:jokerman;}
em {color:blue;
font-size:12px}
</style>
<body>
<h1>Percobaan kedua CSS<em>Second lesson</em></h1>
<p>Pada bagian ini akan diketahui bagaimana<br>
menulis miring <em>italic</em>dengan gaya </p>
</body>
</html>
akan muncul di bawah ini :


3. membuat tabel css
<html>
<body>
<style>
table,td,th
{ border:5px outset red;border-bottom-rigth-radius:10px; }
td
{text-align:right;vertical-align:bottom;padding:15px 15px 15px 15px;}
th
{text-align:right;50px;vertical-align:bottom;padding:15px 15px 15px;background:aqua;}
</style>
</head>
<body>
<table>
<tr>
<th> Nama Depan </th>
<th> Nama </th>
</td>
</tr>
<tr>
<td>Novero</td>
<td>Dayand</td>
<tr>
<td>Adelin</td>
<td>Larasati ra</td>
</tr>
<tr>
<td>Adika</td>
<td>Dayandra</td>
</table>
</body>
</html>
akan muncul seperti dibawah ini :


ada tiga contoh yang saya tuliskan, bila ada yang sulit bisa coment untuk bertanya. apabila saya bisa menjawab saya akan menjawab pertanyaannya :)
terimakasih telah berkumjung di bloger Ellis Habibah, semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment