Berikut definisi kreativitas menurut beberapa ahli :
Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk menciptakan ide-ide asli atau adaptif fungsi kegunaannya secara penug untuk berkembang (Widyatun, 1999)
Kreativitas adalah kemampuan untuk menentukan pertalian baru, melihat subjek dari perspektif baru, dan menentukan kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pemikiran. (James R. Evans, 1994)
Creativity bukanlah kemampuan mencipta dari yang tidak ada (hanya Tuhan yang bisa), tetapi kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru dengan menggabungkan, mengubah atau memodifikasi ide yang sudah ada. (Harris, 1998)
Creativity adalah sikap, kemampuan untuk perubahan dan kebaruan, kemauan untuk bermain-main dengan ide dan kemungkinan, kebiasaan menikmati sebuah produk, sambil mencari cara umtuk memperbaikinya, dibiasakan hanya menerima sedikit hal-hal yang normal atau diperbolehkan
Creativity adalah sebuah proses. Orang kreatif bekerja keras dan konsisten untuk meningkatkan ide-ide dan solusi, dengan membuat perubahan secara bertahap dan perbaikan dari karya mereka.
Produk dikatakan kreatif ketika“novel/fresh” dan “tepat”. Produk baru adalah original, bukan“predicable”. Creativity membutuhkanpassion dan komitmen.
RollowMay
Critical Thinking
- Mengembangkan kemamuan analisis
- Berfikir secara logis
- menghindari pendapat salah dan fokus kepada yang benar
When is it useful to be creative ?
- Bisnis mengalami perubahan signifikan (digitalisasi)
- Globalisasi
- Kompetisi
- ---> kunci sukses pada sebuah bisnis
Creative Thinking
- Pemikiran Edward D Bono dalam bukunya "The Mechanism of Mind"
- Fokus pada eksplorasi ide
- Memperbanyak kemungkinan
- Mencari jawaban yang tepat sebanyak mungkin
Creative Process
1.Awareness and Interest (KesadarandanMinat)
Awal proses kreativitas dimulai dari pengamatan atau sesuatu masuk dalam pikiran seseorang. Orang kreatif menyadariakan pentingnya hal tersebut sehingga timbul minat untuk mendalami dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut.
2.Preparation and Understanding (PersiapandanPemahaman)
Tahapan ini muncul setelah timbulnya minat, seseorang mulai memikirkan semua unsurnya secara rinci. Melalui pemikiran analisis, ia membuat diagnosis atas pengetahuan dari permasalahan yang diamatinya, sehingga timbul pemahaman tentang solusinya.
3.Absorbsion and Incubation (Penyerapanide)
Kegiatan penyerapan dalam proses kreativitas adalah kesadaran menyimpan pengetahuan tentang permasalahan yang diamati. Penyimpanan ide tersebut mengendap dalam pikiran selama beberapa waktu untuk dimatangkan sehingga bisa dihadirkan dalam sebuah produk kreatif yang sempurna.
4.Inspiration and illumination.
Proses inspirasi adalah proses dimana munculnya ide-ide baru secara tiba-tiba. Sedangkan iluminasi (penerangan/cahaya) adalah proses dimana seseorang menemukan titik terang atas solusi permasalahan yang diamatinya. Proses iluminasi muncul setelah sesorang mendapatkan inspirasi.
7.Acceptance and Commitment (PenerimaandanKomitmen)
Proses penerimaan suatu produk atau pemikiran kreatif seseorang memerlukan proses yang panjang sebelum dapat diterima oleh masyarakat, dan apabila sudah dapat diterima dengan baik di masyarakat (acceptance) maka dengan sendirinya produk kreatifitas tersebut akan mendapatkan pengakuan dan dukungan dari masyarakat (commitment).
8.Implementation (Penerapansecaranyata)
Penggunaan produk kreatif adalah tahap akhir dari proses kreatif. Produk kreatif dianggap berhasil apabila dapat menjadi solusi atas suatu masalah dan dapat diimplementasikan dengan baik sesuai harapan.
No comments:
Post a Comment